TUPOKSI

Di Upload : 22 Juni 2018 | Di Update : 30 April 2020

Tugas Fungsi, Struktur Organisasi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Lembaga Perangkat Daerah, serta Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Brebes.

Kedudukan, tugas pokok dan fungsi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes di atur dalam Peraturan Bupati Brebes Nomor 102 Tahun 2016 merupakan Dinas baru yang dibentuk tahun 2016 dan merupakan jelmaan dari Kantor Data, Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Brebes karena Urusan Kearsipan dan Perpustakaan merupakan urusan wajib non layanan dasar yang harus tetap ada sehingga status lembaga ditingkatkan yang tadinya berbentuk kantor ditingkatkan status kelembagaannya menjadi Dinas. Adapun Kedudukan, tugas pokok dan fungsi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes sebagai berikut:

  1. Kedudukan Dinas Arsip dan Perpustakaan

Kedudukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes merupakan salah satu lembaga teknis daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan, dipimpin oleh kepala Dinas eselon IIb yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Seketaris Daerah

  1. Tugas Fungsi  Dinas Arsip dan Perpustakaan

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dari tugas pembantuan yang diberikan kepada pemerintah kabuoaten di bidang kearsipan dan perpustakaan

Dalam menyelenggarakan tugas  Dinas Arsip dan Perpustakaan mempunyai fungsi:

    1. Perumusan  kebijakan sesuai dengan lingkup tugas  di bidang  kearsipan dan perpustakaan;
    2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    4. Pelaksnaaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang kearsipan dan perpustakaan.

Uraian tugas Dinas Arsip dan Perpustakaan, sebagai berikut:

  1. Merumuskan dan menetapkan program kerja dinas sebagai pedoman dan acuan pelaksnaan tugas;
  2. Merumuskan kebijakan di bidang kearsipan dan perpustakaan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan;
  3. Melaksanakan koordinasi kebijakan di bidang kearsipan dan perpustakaan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  4. Mendistribusikan tugas dan mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  5. Menyelenggarkan kebijakan di  bidang kearsipan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  6. Menyelenggarakan kebijakan di bidang perpustakaan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  7. Mengendalikan pelaksanaan kesekretariatan dinas dengan mengarahkan perumusan program dan pelaporan, pengelolaan keuangan, urusan umum  serta kepegawaian;
  8. Mengendalikan pelaksanaan tugas operasional UPT dengan mengarahkan pelaksanaan kegiatan
  9. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  10. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan unuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  11. Melaksanakan monev dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.