Daftar Informasi Publik Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes

1. Profil

No Jenis Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuatan Atau Penerbitan Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang tersedia Jangka Waktu Penyimpanan
1.1 Kedudukan dan Alamat Lengkap

Kedudukan, domisili, alamat lengkap :

  • Alamat :  Jln. Pusponegoro 3A Brebes Jawa Tengah, Kode Pos 52212
  • Telp. : (0283) 671371
  • Fax. : (0283) 671371
  • E-mail : dinarpus.brebes@yahoo.com
  • Website : http://dinarpus.brebekab.go.id
  • Facebook : Perpustakaan Umum Kab Brebes
Sekretariat Brebes, 2018

Website:

Profil

 

Selama Berlaku
1.2 Tugas Pokok Fungsi

Tugas pokok dan fungsi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes sebagai berikut:

  1. Kedudukan Dinas Arsip dan Perpustakaan

Kedudukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes merupakan salah satu lembaga teknis daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan, dipimpin oleh kepala Dinas eselon IIb yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Seketaris Daerah

  1. Tugas Fungsi  Dinas Arsip dan Perpustakaan

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dari tugas pembantuan yang diberikan kepada pemerintah kabuoaten di bidang kearsipan dan perpustakaan

Dalam menyelenggarakan tugas  Dinas Arsip dan Perpustakaan mempunyai fungsi:

    1. Perumusan  kebijakan sesuai dengan lingkup tugas  di bidang  kearsipan dan perpustakaan;
    2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    4. Pelaksnaaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
    5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas dan fungsi di bidang kearsipan dan perpustakaan.

Uraian tugas Dinas Arsip dan Perpustakaan, sebagai berikut:

  1. Merumuskan dan menetapkan program kerja dinas sebagai pedoman dan acuan pelaksnaan tugas;
  2. Merumuskan kebijakan di bidang kearsipan dan perpustakaan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan;
  3. Melaksanakan koordinasi kebijakan di bidang kearsipan dan perpustakaan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  4. Mendistribusikan tugas dan mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  5. Menyelenggarkan kebijakan di  bidang kearsipan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  6. Menyelenggarakan kebijakan di bidang perpustakaan dengan lembaga perangkat daerah terkait di jajaran pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga di luar kedinasan;
  7. Mengendalikan pelaksanaan kesekretariatan dinas dengan mengarahkan perumusan program dan pelaporan, pengelolaan keuangan, urusan umum  serta kepegawaian;
  8. Mengendalikan pelaksanaan tugas operasional UPT dengan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  9. Mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  10. Menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan unuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  11. Melaksanakan monev dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan.
Sekretariat Brebes, 2018

Website:

tupoksi

Selama Berlaku
1.3 Visi dan Misi

Visi :

Menuju Brebes Unggul, Sejahtera dan Berkeadilan

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, cerdas, sehat dan berdaya saing tinggi berbasis pada nilai-nilai Ketuhanan yang Maha Esa melalui pendidikan dan kesehatan
  2. Meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur dan pembangunan wilayah sesuai rencana tata ruang dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam, lingkungan hidup dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
  3. Meningkatkan pengembangan pertanian, ekonomi kerakyatan dengan mempperkuat inovasi daerah dan investasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis kearifan lokal.
  4. Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang profesional, efektif dan efisien
  5. Menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban daerah serta memantapkan tata kelola pemeintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi desa yang maju dan mandiri.
  6. Meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender serta pemenuhan hak anak, dan partispasi perempuan dalam pembangunan, serta mewujudkan perlindungan sosial
Sekretariat Brebes, 2018

Website:

visi & misi

Selama Berlaku
1.4 Tujuan dan Saran - - - - Selama Berlaku
1.5 Struktur Organisasi

Terdiri atas Kepala Dinas dan Dibantu oleh Sekretariat, Kelompok fungsional , 2 bidang dan 8 subbidang 

Tugas dan Uraian tugas pada struktur organisasi tertuang dalam Peraturan Bupati nomor 102 tahun 2016 tentang Tugas, Wewenang dan Uraian Tugas Jabatan Struktural Perangkat Daerah Kabupaten Brebes

Sekretariat Brebes, 2018

Website:

Struktur

Selama Berlaku
1.6 Unit Kerja - - - - Selama Berlaku
1.7 Pejabat Struktural

Memuat informasi profil singkat pejabat struktural di lingkungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes 

Sekretariat Brebes, 2018

Website:

Pegawai

Selama Berlaku
2. Program dan Kegiatan

No Jenis Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuatan Atau Penerbitan Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang tersedia Jangka Waktu Penyimpanan
2.1 Nama Program dan Kegiatan - - - - Selama Berlaku
2.2 Realisasi Kegiatan 2019 - - - - Selama Berlaku
2.3 Agenda 2019 - - - - Selama Berlaku
2.4 Ringkasan DPA 2019 - - - - Selama Berlaku
2.5 Renstra 2017 - 2022 - - - - Selama Berlaku
2.6 Renja 2019 - - - - Selama Berlaku
2.7 Daftar Peraturan / Keputusan yang dikeluarkan SKPD - - - - Selama Berlaku
3. Laporan Keuangan SKPD

No Jenis Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuatan Atau Penerbitan Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang tersedia Jangka Waktu Penyimpanan
3.1 Neraca dan Aset Tahun 2018 - - - - Selama Berlaku
3.2 CALK Tahun 2018 - - - - Selama Berlaku
3.3 LRA Tahun 2018 - - - - Selama Berlaku
4. Laporan tentang Kinerja

No Jenis Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuatan Atau Penerbitan Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang tersedia Jangka Waktu Penyimpanan
4.1 LKJIP 2018

-

- -

-

Selama Berlaku
4.2 LKPJ, LPPD 2018

-

- -

-

Selama Berlaku
5. Pelayanan

No Jenis Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuatan Atau Penerbitan Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang tersedia Jangka Waktu Penyimpanan
5.1 Layanan Perpustakaan

-

- -

-

Selama Berlaku
5.2 Layanan Arsip

-

- -

-

Selama Berlaku
5.3 Data pengaduan masyarakat

-

- -

-

Selama Berlaku