Perpusnas Gandeng ANRI Buat Pedoman Kearsiapan

Publikasi : 22 Oktober 2019 | 20:23 WIB

Perpusnas Gandeng ANRI Buat Pedoman Kearsiapan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Perpustakaan Nasional menjalin kerjasama dengan Arsip Nasional (ANRI) terkait pembuatan pedoman kearsipan. Upaya tersebut dilakukan untuk menciptakan tata kelola arsip yang baik di lingkungan Perpusnas. Karena arsip berkaitan dengan eksistensi, transparansi, dan keberlanjutan sebuah organisasi.

“Perpusnas harus memiliki pembina tentang pedoman kearsipan agar sesuai dengan kaidah dan aturan perundang-undangan,” ungkap Kepala Perpusnas Muhammas Syarif Bando saat bertemu Plt. Kepala ANRI, M. Taufik, Senin (21/10).

Taufik menyampaian bahwa ANRI senantiasa siap membantu Perpusnas mengembangkan pengelolaan arsip menjadi lebih baik. Dia berharap bahwa arsip tidak hanya menjadi aspek akuntabilitas saja, tapi tumbuh dalam peran yang lebih nyata. “Kami ingin mendukung menjadi bagian dalam tujuan mencerdaskan bangsa,” jelas Taufik.

Syarif juga berharap dalam kerja sama Perpusnas dan ANRI dapat mengedukasi masyarakat bahwa arsip merupakan jembatan masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang.

“Saya harap dengan pengelolaan arsip yang baik maka pelayanan kepada masyarakat juga akan semakin meningkat. Tidak mungkin melayani dengan maksimal apabila tidak punya arsip yang baik.” tambah Syarif.

Kerja sama ini juga menjadi salah satu tindak lanjut yang dilakukan terkait MoU antara Perpusnas dengan ANRI pada 19 September 2019 lalu. Dalam kesempatan ini turut hadir Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sumekar, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Ofy Sofyana, Direktur Kearsipan Pusat ANRI Azmi, dan Direktur Akuisisi ANRI Bambang Surowo.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Raden Radityo


Penulis Artikel : Admin Perpusnas

Bagikan :

Komentar Anda