Pemusnahan Arsip Tekstual Urusan Kepegawaian dan Urusan Keuangan di Lingkungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes

Publikasi : 01 Juli 2020 | 09:09 WIB

Pemusnahan Arsip Tekstual Urusan Kepegawaian dan Urusan Keuangan di Lingkungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes

Arsip  adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penyusutan Arsip adalah kegiatan untuk mengurangi volume atau jumlah arsip pada unit-unit kerja melalui kegiatan a). Pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan; b). Pemusnahan arsip yang telah habis retensinya dan tidak memiliki nilai guna dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;,c). Penyerahan arsip statis oleh pencipta arsip kepada lembaga kearsipan.

Selain mewujudkan efisiensi dan efektifitas, pemusnahan arsip merupakan upaya untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dalam arsip dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab sekaligus menyelamatkan arsip yang bernilai guna kebuktian dan informasional.

B. Dasar Hukum

1. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan;

2. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan;

3. Peraturan Kepala ANRI Nomor 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan Arsip (Berita Negara Repulik Indonesia Tahun 2016 Nomor 1787);

4. Peraturan Bupati Nomor 073 Tahun 2018 tentang Penyusutan Arsip;

5. Peraturan Bupati Brebes Nomor  35 Tahun 2019 tentang Jadwal Retensi Arsip Fasilitatif Fungsi Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes;

6. Peraturan Bupati Brebes Nomor  36 Tahun 2019 tentang Jadwal Retensi Arsip Fasilitatif Fungsi Kepegawaian Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara  Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes.

 

C. Pelaksanaan

Kegiatan penyusutan Arsip dengan pemusnahan di Dinas Arsip  dan Perpustakaan Kabupaten Brebes terhadap arsip yang sudah tidak bernilaiguna lagi  baik nilai guna primer maupun skunder sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip dengan cara dicacah menggunakan mesin pencacah kertas dan  telah  dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 29 Juni 2020 pukul 09.00 WIB bertempat di Depo Arsip  Kabupaten Brebes. Adapun jumlah arsip yang dimusnahkan sebanyak 9.217 berkas.

Kegiatan Pemusnahan ini dilaksanakan oleh Tim Pemusnahan Arsip dan disaksikan oleh unsur Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Inspektorat/Pengawas dan Bagian Hukum , yaitu:

  1. Drs. Tri Hantogunawan, M.Si. (LKD Kabupaten Brebes);
  2. Eni Kusraeni (Inspektorat Kabupaten Brebes);
  3. Janu Sumadi, S.H. (Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes). 

 


Penulis Artikel : Bidang Arsip

Bagikan :

Komentar Anda